Tak Hanya Sendi, Rambut pun Akan Sehat dengan Kolagen

Kolagen sebenarnya sudah ada di dalam tubuh dengan sendirinya. Ia banyak ditemui dalam jaringan ikat, seperti kulit, tulang, tendon, dan ligamen. Kolagen itu merupakan salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya mencapai 30% dari seluruh protein tubuh. Teksturnya sepergi gel sehingga ia disebut lem tubuh. Jadi, yang membuat tubuh ini lentur, kenyal, dan fleksibel dalam bergerak adalah kolagen.Dan sebagian besar kolagen berperan sebagai komponen utama penyusun jaringan kulit, kuku, tulang, gigi, dan rambut. Tapi, sebelum membahas manfaat kolagen terhadap rambut, perlu kita ketahui terlebih dahulu manfaatnya terhadap yang lain. Untuk otot dan tulang misalnya. Kolagen memiliki serat yang tinggi untuk menjaga kekuatan dan struktur otot yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Untuk tulang, penelitian Food And Drug Administration menunjukkan, kolagen memiliki peran penting dalam pencegahan pengeroposan (osteoartritis) dan regenerasi tulang rawan. Osteoartritis adalah penyakit yang disebabkan oleh hilangnya cairan pengisi sendi (cartilage). Gejalanya adalah sakit pada persendian, terutama pada lutut, pinggang, dan kaki. Ini membuat laju regenerasi cairan cartilage tak sebanding dengan laju kerusakan yang terjadi. Sedangkan bagi tulang rawan, kolagen sangat penting karena tulang rawan mengandung 70% kolagen jaringan ikat, yang berada dalam artikular kartilago dan meniskus.

Perpaduan ikatan yang terjadi antara tulang, otot di sekitarnya, dan tulang rawan penyangganya inilah yang membuat sendi bisa kuat dan lentur dalam bergerak. Jika kepaduan ini sudah terganggu, tentu sendi akan bermasalah. Muncullah nyeri sendi, nyeri otot, pengeroposan tulang, dan sebagainya. Kemudian, bagaimana dengan rambut? Pada rambut, kolagen berperan penting dalam mencegah kerontokan dan merangsang tumbuhnya rambut baru pada bagian yang rontok itu. Tapi, tentu saja selama akar rambut itu masih ada. Nah, karena kadarnya makin lama makin berkurang, asupan kolagen dari luar tentu diperlukan supaya rambut tak gampang rontok. Apabila hal ini dilakukan sejak usia muda, tentu saja proses kerontokan rambut di usia pertengahan bisa diperlambat datangnya atau dikurangi prosesnya.

Banyak produk berbasiskan kolagen yang ditawarkan di pasaran. Namun, sekitar 80% di antaranya berasal dari luar negeri. Berbeda dengan Kola Go. Ini adalah minuman serbuk produksi dalam negeri yang mengandung kolagen halal. Selain kolagen, Kola Go mengandung whey, serbuk cokelat, mineral alga, fiber, dan dextrose. Meski manfaat lainnya masih bisa didapat, dengan komposisi seperti itu manfaatnya lebih difokuskan kepada pemeliharaan tulang, otot, dan sendi. Banyak pula produk penghilang gangguan tulang dan sendi yang ditawarkan. Namun, kebanyakan terbuat dari bahan kimia sintetis sehingga berbahaya bagi kesehatan bila dikonsumsi dalam jangka panjang. Sedangkan komposisi Kola Go semuanya alami. Dan produk ini kini sudah bisa didapatkan di apotek, toko obat, dan outlet lainnya di kota Anda. Klik Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *