Tak Hanya Sendi, Rambut pun Akan Sehat dengan Kolagen

Kolagen sebenarnya sudah ada di dalam tubuh dengan sendirinya. Ia banyak ditemui dalam jaringan ikat, seperti kulit, tulang, tendon, dan ligamen. Kolagen itu merupakan salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya mencapai 30% dari seluruh protein tubuh. Teksturnya sepergi gel sehingga ia disebut lem tubuh. Jadi, yang membuat tubuh ini lentur, kenyal, dan fleksibel dalam bergerak adalah kolagen. Dan, sebagian besar kolagen berperan sebagai komponen utama penyusun jaringan kulit, kuku, tulang, gigi, dan rambut.

Tapi, sebelum membahas manfaat kolagen untuk rambut, perlu diketahui terlebih dahulu manfaatnya untuk otot dan tulang. Kolagen memiliki serat yang tinggi untuk menjaga kekuatan dan struktur otot yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Untuk tulang, penelitian Food And Drug Administration menunjukkan, kolagen punya peran penting dalam mencegah osteoartritis dan regenerasi tulang rawan. Osteoartritis adalah penyakit yang disebabkan oleh hilangnya cairan pengisi sendi (cartilage). Gejalanya adalah sakit pada persendian, terutama pada lutut, pinggang, dan kaki. Ini membuat laju regenerasi cartilage tak sebanding dengan laju kerusakan yang dialaminya. Bagi tulang rawan, kolagen amat penting karena tulang ini mengandung 70% kolagen jaringan ikat, yang berada dalam artikular kartilago dan meniskus.

Perpaduan ikatan yang terjadi antara tulang, otot di sekitarnya, dan tulang rawan penyangganya inilah yang membuat sendi bisa kuat dan lentur dalam bergerak. Jika kepaduan ini sudah terganggu, tentu sendi akan bermasalah. Muncullah nyeri sendi, nyeri otot, pengeroposan tulang, dan sebagainya.

Kemudian, bagaimana dengan rambut? Pada rambut, kolagen berperan penting dalam mencegah kerontokan dan merangsang tumbuhnya rambut baru pada bagian yang rontok itu. Tentu selama akar rambut itu masih ada. Karena kadarnya makin lama makin berkurang, asupan kolagen dari luar tentu diperlukan supaya rambut tak gampang rontok. Bila ini dilakukan sejak usia muda, tentu proses kerontokan rambut di usia pertengahan bisa diperlambat datangnya atau dikurangi prosesnya.

 Saat ini ada produk bernama Kola Go. Ini adalah minuman serbuk yang mengandung kolagen halal dalam jumlah yang besar. Selain kolagen yang diolah dari tulang sapi, Kola Go juga terbuat dari whey, serbuk cokelat, dan mineral alga berupa kalsium dan fosfor. Sekarang, produk ini sudah bisa didapatkan di apotek, toko obat, dan outlet lainnya di kota Anda. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi IG @kolago.co.id dan FB @kesehatan sendi dan tulang.