Inilah Cara Mencegah Nyeri Sendi

Nyeri sendi (osteoartritis) adalah kondisi di mana sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi. Gangguan ini terdiri atas osteoartritis primer dan osteoartritis sekunder. Yang primer dikenal sebagai penyakit degeneratif sendi. Sedangkan yang sekunder disebabkan oleh trauma tropisme atau cedera. Bagaimana osteoartritis itu terjadi? Begini. Pada sendi, terdapat suatu jaringan tulang rawan yang disebut kartilago, untuk menutup ujung-ujung tulang penyusun sendi. Suatu lapisan cairan, disebut cairan sinovial, terletak di antara tulang-tulang tersebut dan bertindak sebagai bahan pelumas. Tugasnya mencegah ujung-ujung tulang tersebut bergesekan dan saling mengikis. Pada kondisi kekurangan pelumas, lapisan kartilago akan bergesekan satu sama lain. Gesekan itu membuat lapisan tersebut semakin tipis dan pada akhirnya akan menimbulkan rasa nyeri. Osteoartritis dapat menyerang semua tulang rawan, termasuk tulang belakang. Tapi yang kerap diserangnya adalah tungkai, mulai dari panggul, lutut, hingga pergelangan kaki, karena tungkai menahan berat tubuh. Karena itu, untuk mengurangi risiko terjadinya osteoartritis, berat badan harus ideal.

Lalu bagaimana mencegah osteoartritis? Pencegahan osteoartritis yang utama adalah mengubah gaya hidup. Jika Anda mengalami kegemukan, berat badan harus diturunkan. Anda juga harus berolahraga, tetapi tidak berlebihan, tidak high-impact, dan tidak banyak membebani lutut. Yang bagus adalah berenang dan bersepeda statis. Pencegahan juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi. Beberapa suplemen makanan juga dapat digunakan. Dan yang umum digunakan antara lain glukosamin dan kondroitin, tetapi suplemen-suplemen ini belum disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, sehingga efek jangka panjangnya belum diketahui. Oleh sebab itu, suplemen yang tepat adalah yang mengandung kolagen tinggi, alami, dan halal. Kenapa? Karena kolagen adalah protein penyusun utama jaringan ikat, seperti tulang, kulit, rambut, sendi, dan kuku. Dan kolagen memiliki peran yang besar dalam proses regenerasi tulang rawan.

Banyak produk berbasiskan kolagen yang ditawarkan di pasaran. Namun, sekitar 80% di antaranya berasal dari luar negeri. Tentu kehalalannya diragukan. Berbeda dengan Kola Go. Ini adalah minuman serbuk yang mengandung kolagen halal dalam jumlah cukup besar. Selain kolagen, Kola Go mengandung whey, serbuk cokelat, mineral alga, fiber, dan dextrose. Meski manfaat lainnya masih bisa didapat, dengan komposisi seperti itu manfaatnya lebih difokuskan kepada pemeliharaan tulang dan sendi. Untuk diketahui, kekuatan tulang dan sendi bergantung kepada keserasian ikatan antara tulang, sendi di sekitarnya, tulang rawan penyangganya, dan otot yang mengikatnya. Bila kepaduan ini terganggu, muncul berbagai jenis penyakit rematik seperti osteoporosis, nyeri sendi, dan nyeri otot. Jika penyakit-penyakit ini merongrong, aktivitas sehari-hari tak lagi bisa dijalankan dengan lancar.

Banyak pula produk penghilang gangguan tulang dan sendi yang ditawarkan. Namun, kebanyakan terbuat dari bahan kimia sintetis sehingga berbahaya bagi kesehatan bila dikonsumsi dalam jangka panjang. Sedangkan komposisi Kola Go semuanya alami. Dan produk ini kini sudah bisa didapatkan di apotek, toko obat, dan outlet lainnya di kota Anda. Klik Selengkapnya

1 thought on “Inilah Cara Mencegah Nyeri Sendi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *