Bisakah Nyeri Sendi Diatasi Secara Medis?

Sendi Anda terasa nyeri? Lutut Anda terasa kaku? Dari duduk ke berdiri Anda mengalami kesulitan? Jika iya, mungkin Anda menderita osteoartritis. Osteoartritis (osteoarthritis) adalah penyakit persendian yang disebabkan oleh hilangnya cairan pengisi sendi (cartilage). Gejalanya adalah sakit pada persendian, terutama pada lutut, pinggang, dan kaki. Pekerjaan berat, obesitas, diabetes, dan pola hidup salah dapat menjadi penyebabnya. Akibatnya, regenerasi cartilage terhambat. Jika hal ini terjadi, lama-lama cartilage itu habis. Bila habis, dampaknya sama dengan mesin motor kehabisan oli: tulang-tulang saling berbenturan. Inilah yang mengakibatkan nyeri itu. Itu artinya, osteoartritis telah menyerang Anda. Dan ini adalah akibat dari laju pertumbuhan cartilage yang tak sebanding dengan laju kerusakannya. Cartilage itu adalah bagian sendi yang elastis, yang tersusun atas kolagen, dan berfungsi sebagai shock absorber pada persendian.

Kalau begitu, kolagen itu sangat penting dong? Benar! Studi klinis yang dilakukan pakar kesehatan Jerman yang bernama Adam pada 1991 menyatakan, konsumsi kolagen secara rutin akan menurunkan sakit pada sendi (Welche Wirkung Haben Gelatinepraparate?, Therapiewoche, 41, 2456-2461). Pada 1990, Prof. Moskowitz dari Case Western Reserve University, Ohio, Amerika Serikat, menyatakan, kolagen dapat menurunkan rasa sakit pada sendi dan meningkatkan fungsi sendi secara signifikan. Sedangkan LA Biomedical Research Medical Centre, Torrance, California, menemukan bahwa pemberian kalsium dan vitamin D malah tidak dapat menyembuhkan penderita osteoartritis menopause dari penyakit mereka itu.

Jadi, apa solusi yang mesti dilakukan? Pertama, pengobatan medis. Ini bisa Anda lakukan, tapi hal-hal berikut perlu Anda pertimbangkan:
(1) Belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penderita osteoartritis,
(2) Obat hanya untuk menghilangkan rasa nyeri atau sebagai anti-inflamasi, tapi efeknya berbahaya bagi kesehatan,
(3) Suntik kolagen bisa saja dilakukan, tapi kehalalannya masih diragukan,
(4) Operasi sendi untuk meratakan permukaan sendi atau penggantian sendi dengan logam juga bisa dilakukan, tapi biayanya tinggi sekali. Kedua, meningkatkan laju regenerasi cartilage dan memberi nutrisi berupa kolagen.

Kini, banyak produk berbasiskan kolagen yang ditawarkan. Namun, 80%-nya berasal dari luar negeri. Berbeda dengan Kola Go, minuman serbuk produksi dalam negeri yang mengandung kolagen halal. Selain kolagen, Kola Go mengandung whey, cokelat, mineral alga, fiber, dan dextrose. Meski manfaat lainnya masih bisa didapat, dengan komposisi begitu manfaatnya difokuskan pada pemeliharaan tulang, otot, dan sendi. Banyak pula produk penghilang gangguan tulang dan sendi yang ditawarkan. Tapi, kebanyakan terbuat dari bahan kimia sintetis sehingga berbahaya bagi kesehatan bila dikonsumsi lama. Sedangkan komposisi Kola Go semuanya alami. Produk ini bisa didapatkan di apotek, toko obat, dan outlet lainnya di kota Anda.
Klik Selengkapnya

Close Menu