Bila Sendi Terasa Nyeri

Rasa nyeri yang muncul di sendi merupakan indikasi dari keberadaan penyakit osteoartritis (osteoarthritis). Ini adalah penyakit yang disebabkan oleh hilangnya cairan pengisi sendi (cartilage). Biasanya, gejala yang ditimbulkannya adalah sakit pada persendian, terutama pada lutut, pinggang, dan kaki. Apa itu cartilage? Ini adalah bagian sendi yang elastis, yang tersusun atas serat kolagen, dan fungsinya sebagai shock absorber pada persendian (semacam shock braker pada mobil). Lalu, apa yang menyebabkan terjadinya osteoartritis? Pekerjaan berat, obesitas, diabetes, dan beberapa lainnya. Dengan kata lain, osteoartritis muncul karena laju regenerasi cairan cartilage tidak sebanding dengan laju kerusakan yang terjadi. Yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah arthritis rheumatoid, yakni penyakit radang sendi yang
merusak jaringan sendi dan senantiasa menimbulkan rasa di nyeri. Langkah apa yang bisa diambil untuk mengatasinya? Tentu saja meningkatkan laju regenerasi cartilage dan memberi nutrisi berupa hidrolisat kolagen (collagen hydrolisate). Sebuah ulasan pada 2006 menemukan, hidrolisat kolagen membantu secara signifikan pengurangan gejala nyeri osteoartritis dan meningkatkan fungsi sendi. Suplemen tersebut dapat diserap tubuh dengan baik, yang menyebabkan akumulasi kolagen dalam tulang rawan, dan membantunya untuk merangsang sel-sel khusus pada sendi, yang disebut chondrocytes, untuk membentuk matriks ekstraselular.

Bagaimana caranya kita mendapatkan nutrisi kolagen itu? Kolagen pada dasarnya sudah ada dengan sendirinya di dalam tubuh. Sebab, kolagen merupakan salah satu jenis protein yang banyak ditemui dalam jaringan ikat, terutama pada jaringan kulit, tulang rawan, tendon, dan ligamen. Bahkan, sebagian besar protein yang ada dalam tubuh berbentuk kolagen. Sayangnya, produksinya senantiasa berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Sehingga, sangat penting bagi tubuh memperbanyak asupan makanan yang mengadung kadar kolagen tinggi.

Banyak produk berbasiskan kolagen yang ditawarkan di pasaran. Namun, sekitar 80% di antaranya berasal dari luar negeri. Tentu kehalalannya diragukan. Berbeda dengan Kola Go. Ini adalah minuman serbuk yang mengandung kolagen halal dalam jumlah cukup besar. Selain kolagen, Kola Go mengandung whey, serbuk cokelat, mineral alga, fiber, dan dextrose. Meski manfaat lainnya masih bisa didapat, dengan komposisi seperti itu manfaatnya lebih difokuskan kepada pemeliharaan tulang dan sendi. Untuk diketahui, kekuatan tulang dan sendi bergantung kepada keserasian ikatan antara tulang, sendi di sekitarnya, tulang rawan penyangganya, dan otot yang mengikatnya. Bila kepaduan ini terganggu, muncul berbagai jenis penyakit rematik seperti osteoporosis, nyeri sendi, dan nyeri otot. Jika penyakit-penyakit ini merongrong, aktivitas sehari-hari tak lagi bisa dijalankan dengan lancar.

Banyak pula produk penghilang gangguan tulang dan sendi yang ditawarkan. Namun, kebanyakan terbuat dari bahan kimia sintetis sehingga berbahaya bagi kesehatan bila dikonsumsi dalam jangka panjang. Sedangkan komposisi Kola Go semuanya alami. Dan produk ini kini sudah bisa didapatkan di apotek, toko obat, dan outlet lainnya di kota Anda. Klik Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *