Belum Sebulan Meminumnya, Sakit di Dengkulnya itu Sudah Berkurang

“Sekitar setahun belakangan ini,” ujar Nyonya Muslimah, “saya sering merasakan sakit di kedua pundak, terutama di saat saya lelah.” Dan sakit itu makin nyata terasa ketika ia hendak sujud dalam salat. Tak hanya itu. Kedua dengkul wanita 45 tahun ini pun sering sakit. Berobat ke dokterkah ia? “Tidak. Hanya dengan obat gosok,” jawab ibu dua anak ini, saat ditemui 14 Maret 2017. Hasilnya? “Masih sakit,” jawab wanita yang punya usaha gorden ini. Tak mau minum obat kimia, ia kemudian rutin mengonsumsi Kola Go satu kali sehari, setelah mengenal produk berbasiskan kolagen itu dari adiknya. Meskipun belum sampai sebulan mengonsumsi, hasilnya sudah mulai ia rasakan. “Sekarang sakit di pundak dan di dengkul itu sudah mulai hilang,” ungkap penduduk Lorong Gotong Royong, RT 26, Jalan Parhulutan Lubis, Kecamatan Telanai Pura, Kota Jambi, Provinsi Jambi, ini. “Selain itu, tidur saya lebih nyenyak dan saya tidak mudah mengantuk lagi ketika bekerja,” imbuhnya.

Sakit dengkul yang umum terjadi biasanya akibat dari osteoartritis (osteoarthritis). Ini adalah penyakit yang disebabkan hilangnya cairan pengisi sendi (cartilage). Kerja berat, obesitas, diabetes, dan pola hidup salah menjadi pemicunya. Akibatnya, regenerasi cartilage terhambat. Jika ini terjadi, lama-lama cartilage itu habis. Bila
habis, dampaknya sama dengan mesin motor kehabisan oli: tulang-tulang sendi saling berbenturan. Inilah yang mengakibatkan nyeri itu. Dan ini adalah akibat dari laju pertumbuhan cartilage yang tak sebanding dengan laju kerusakannya. Cartilage itu adalah bagian sendi yang elastis, yang tersusun atas kolagen, dan berfungsi sebagai shock absorber pada persendian. Kalau begitu, kolagen sangat penting dong? Benar! Studi klinis olehpakar kesehatan Jerman bernama Adam pada 1991 menyatakan, konsumsi kolagen secara rutin akan menurunkan sakit pada sendi (Welche Wirkung Haben Gelatinepraparate?, Therapiewoche, 41, 2456-2461). Sebelumnya, 1990, Prof. Moskowitz dari Case Western Reserve University, Ohio, Amerika Serikat, menyatakan, kolagen dapat menurunkan rasa sakit pada sendi dan meningkatkan fungsi sendi secara signifikan. Sedangkan LA Biomedical Research Medical Centre, Torrance, California, menemukan bahwa pemberian kalsium dan vitamin D malah tidak dapat menyembuhkan penderita osteoartritis.

Saat ini banyak produk penghilang gangguan tulang dan sendi yang ditawarkan. Namun, kebanyakan terbuat dari bahan kimia sintetis sehingga berbahaya bagi kesehatan bila dikonsumsi dalam jangka panjang. Sedangkan komposisi Kola Go semuanya alami. Produk cukup dikonsumsi 1- 2 kali sehari, dan sekarang sudah bisa didapatkan di apotek, toko obat, dan outlet lainnya di kota Anda.

Close Menu