Apakah Tinggi Badan Anda Terasa Berkurang?

Ada orang yang ketika muda bertubuh tinggi dan atletis. Namun, ketika usianya di atas 50 ia terlihat lebih pendek. Padahal, tubuhnya tidak bungkuk. Apakah itu hanya perasaan orang yang melihatnya atau tubuh orang itu benar-benar memendek? Ternyata, ada yang benar-benar memendek. Dan itu tak hanya terjadi pada wanita tetapi juga pria. Apa penyebabnya? Penyebabnya adalah osteoporosis.

Osteoporosis juga bisa membuat tubuh seseorang berubah jadi bungkuk. Ini lantaran lapisan tulang rawan pada sela-sela tulang punggungnya menipis. Sedangkan orang yang tidak mengalami hal ini akan tetap memiliki tinggi yang sama dan tubuh yang lurus hingga tua. Kalau begitu, berbahayakah osteoporosis itu? Tentu. Selain tulang gampang retak atau terfraktur, ia merusak penampilan. 

Osteoporosis adalah pengurangan massa dan penurunan densitas tulang. Akibat osteoporosis, kemampuan tulang menyangga beban menurun dan tulang tak elastis. Selama ini pengobatan untuk penderitanya hanya berkutat pada pemberian kalsium. Padahal, selain oleh kalsium, tulang tersusun atas jaringan sel kompleks. Secara kontinu sel-sel itu akan rusak dan mati, tapi secara kontinu pula diperbarui. Sejak kita lahir sel tulang kita terus tumbuh, dan puncaknya terjadi ketika kita berumur 25. Setelah itu, tulang mengalami penurunan densitas dan massa. Ini terjadi dengan laju penurunan 1,5% setahun sejak usia 35. Dan penurunan itu mencapai 35% ketika kita berumur 60. Bila ini terus berlanjut tanpa diimbangi proses produksi sel tulang yang baru, tulang akan makin rapuh. Dan akhirnya mengalami osteoporosis.

Bagaimana mengatasinya? Selain mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium, kita juga harus mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kolagen. Kadar kolagen dalam tubuh mencapai 30% dari protein tubuh. Ia banyak ditemukan di kulit, tulang, dan jaringan ikat. Kolagen membentuk struktur tulang rawan, serat retikular, dan basis membran basal sel. Selain untuk tulang, kolagen memberi kekuatan dan struktur pada kulit, serta berperan dalam penggantian sel-sel kulit mati. Bahkan, kolagen berperan dalam recovery kulit lambung yang rusak akibat serangan penyakit mag. Oleh sebab itu, jika kita tak ingin cepat tua dan terbungkuk, konsumsilah kolagen sejak muda. Dan alangkah baiknya bila dikonsumsi bersama kalsium dan fosfor.

Sekarang ada produk yang bernama Kola Go, berupa minuman serbuk yang mengandung kolagen halal dalam jumlah yang besar. Selain kolagen yang diolah dari tulang sapi, Kola Go juga terbuat dari whey, serbuk cokelat, dan mineral alga berupa kalsium dan fosfor. Dan produk ini sudah bisa didapatkan di apotek, toko obat, dan outlet lainnya di kota Anda. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi IG @kolago.co.id dan FB @kesehatan sendi dan tulang.